Agar dapat menyelesaikan studi tepat waktu, setiap mahasiswa akan memperoleh bimbingan dan konseling akademik dan non akademik dari seorang dosen wali selama masa studi. Setiap kendala administrasi akademik seperti proses pengambilan mata kuliah, kurikulum perkuliahan dll. dan masalah non akademik yang dihadapi mahasiswa selama masa studi dapat dimintakan konsultasi dan bimbingan dari dosen wali. Di samping itu, mahasiswa juga wajib memahami beberapa panduan dan pedoman akademik. Berkaitan dengan hal ini, fakultas telah menyediakan beberapa panduan yang dapat diunduh untuk kemudian dipelajari oleh mahasiswa untuk dapat memperlancar proses perkuliahannya. Beberapa panduan tersebut adalah sebagai berikut. 

  1. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Universitas Merdeka Malang Tahun Akademik 2022/2023 dapat diunduh di sini.  Panduan ini merinci tentang profil dan kurikulum program studi; cara mengajukan cuti kuliah; surat pindah prodi dalam dan luar kampus dll. 
  2. Panduan KRS Online Siakad Unmer Malang dapat diunduh di sini
  3. Pedoman penyusunan skripsi untuk program studi Administrasi Publik, Administasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi dapat diunduh di sini.
  4. Pedoman Praktek Kerja Magang  Mahasiswa FISIP bisa diunduh di sini.
  5. Panduan Pelaksanaan KKN   dapat diunduh di sini. 
  6. Pedoman Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemendikbud RistekDikti RI dapat diunduh di sini.

Layanan administrasi akademik lainnya yang disediakan fakultas adalah surat menyurat . Layanan surat menyurat yang dimaksud adalah seperti : 

  1. Surat keterangan aktif kuliah
  2. Surat ijin penelitian Skripsi
  3. Surat Permohonan Lokasi Praktek Kerja Magang Mahasiswa
  4. Blanko Pendaftaran Ujian proposal dan skripsi
  5. Surat rekomendasi Kampus Mengajar dan surat lainnya untuk keperluan mendaftar pada program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka
  6. Legalisir Transkrip Akademik dan Ijazah
  7. Surat menyurat lainnya yang diperlukan mahasiswa

Secara teknik, untuk keperluan layanan surat menyurat tersebut, mahasiswa tinggal mengisi formulir surat tersebut yang dapat diunduh pada di tautan ini Kemudian, mengisi form yang dibutuhkan kemudia konfirmasi ke contak person yang ada di link tersebut.