SIM berbasis internet ini dapat membantu mahasiswa dalam mengisi data mata kuliah yang akan diambil pada semester tertentu atau mengisi Kartu Rencana di (KRS), memantau hasil studi semester,dan transkrip akademik sementara, mengetahui perkembangan pembayaran administrasi akademik seperti pembayaran SPP, DPP, biaya praktikum dan Tugas Akhir/ Skripsi. Juga, lewat SIM ini mahasiswa dapat mengunduh materi perkuliahan serta menggunggah tugas mata kuliah dan materi ujian tengah dan akhir semester. Untuk itu, setiap mahasiswa dan dosen  diberikan akun untuk dapat mengakses fasilitas akademik ini. Secara teknis, kerja  operasional SIM ini dikelola dan dikembangkan oleh Pusat Informasi dan Multimedia universitas. 

SIM ini penting bagi universitas karena sistem informasi ini dapat :  

  1. Memudahkan Proses Pengelolaan Data Akademik & Non Akademik : Sistem Informasi Akademik dapat membantu kampus dalam pengelolaan data nilai mahasiswa, mata kuliah, data staf pengajar/dosen serta administrasi fakultas/jurusan yang sifatnya masih manual untuk dikerjakan dengan bantuan software agar mampu mengefektifkan waktu dan menekan biaya operasional.
  2. Sebagai Pusat Informasi : Dengan menggunakan Sistem Informasi Akademik, akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa dan dosen dalam mengakses informasi dimanapun dan kapanpun. Informasi yang dapat diakses di antaranyaa Nilai Mata Kuliah, IP dan IPK, Jadwal Kuliah, Absensi, Data Mahasiswa maupun Dosen, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan informasi akademik.
  3. Alat Rekam Segala Kegiatan Kampus: Selain sebagai pusat informasi, Sistem Informasi Akademik juga dapat digunakan untuk alat rekam segala kegiatan kampus. Informasi kegiatan terbaru di kampus dapat di update di Sistem Informasi Akademik tersebut sehingga Mahasiswa dan Dosen yang berhalangan hadir dapat mengetahui kegiatan yang sedang berlangsung.
  4. Memberikan Laporan Perkembangan Mahasiswa dan Dosen Dalam Proses Belajar Mengajar: Dengan adanya sistem informasi akademik kampus akan lebih mudah dalam memantau perkembangan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, karena data kehadiran, dan hasil pembelajaran kegiatan perkuliahan. Juga, SIM ini dapat memantau perkembangan dosen dalam proses belajar mengajar.
  5. Memudahkan Petugas Akademik dan Memudahkan Pelaporan Ke PDPT Dikti: Petugas penyedia layanan informasi akademik lebih mudah dalam melaksanakan tugasnya berkaitan dengan entry jadwal mengajar, kegiatan yudisium dan wisuda mahasiswa. Data ini lantas dapat dengan mudah untuk dijadikan materi laporan ke PDPT Dikti
  6. Siakad UNMER Malang juga dapat diakses di sini